Jumat, 30 Januari 2009

Bersyukurlah Saat Merasa Senang dan Bersikaplah Tenang Saat Merasa Susah


Orang yang paling bahagia didunia ini tidak setiap saat merasa bahagia. Kenyataannya, semua orang yang paling bahagia pun kadang-kadang merasakan suasana hati yang buruk, penuh masalah, kekecewaan dan sakit hati. Seringkali perbedaan antara orang yang bahagia dan orang yang tidak bahagia bukanlah terletak pada seberapa seringnya mereka memiliki suasana hati yang buruk atau seberapa parah perasaan buruk mereka, tetapi sebaliknya, perbedaannya terletak pada apa yang mereka perbuat bila mereka sedang berada pada suasana hati yang buruk.
Kebanyakan orang membuatnya menjadi parah, memperlakukan suasana hati yang buruk dengan sangat serius dan berusaha mencari dan menganalisis apa yang salah. Mereka berusaha memaksa diri mereka untuk keluar dari keadaan suasana hati yang buruk, namun justru tindakannya itu akan menambah rumit masalah, bukan memecahkan masalah.
Setidaknya berusahalah untuk tenang, perasaan senang dan sedih akan datang silih berganti. Bila perasaan depresi, marah atau stres, perlakukan perasaan ini dengan sikap terbuka dan kebijaksanaan yang sama seperti saat kita sedang senang. Bukan melawan perasan ini dan menjadi panik, terimalah perasaan ini, lebih baik berusaha untuk bersikap tenang, hadapi dengan kepala dingin, sadarilah bahwa ini akan segera berlalu. Ini memungkinkan kita dapat dengan lembut dan tenang keluar dari perasaan negatif menuju keadaaan pikiran yang lebih positif.
Seorang paling bahagia adalah seseorang yang berada dalam suasana buruk, namun ia telah terbiasa nyaman dengan suasana hati buruknya dan percaya pada waktunya ia akan kembali bahagia.
Setiap masalah apapun itu pasti ada penyeleseiannya, berusaha selesaikanlah seberapapun pahitnya, seberapapun sakitnya tanpa ada usaha untuk menyelesaikannya, masalah itu akan terus mengikuti kita dan akan menjadi bertumpuk-tumpuk dengan masalah yang baru. Percayalah kita mampu melewati semua itu dan satunya cara untuk kita bisa bersyukur adalah dengan memperhatikan orang lain, banyak orang disekitar kita yang mempunyai masalah lebih berat dari kita namun mereka dapat dengan tenang melewatinya.
Disaat susah semua pikiran yang menganggu kita, kita coba urai satu persatu sehingga tidak menjadi beban pikiran, namun jangan terlalu lupa diri apabila kita merasa senang, karena justru perasaan yang terlalu berlebih akan membuat kita jatuh dikemudian hari. Jangan terlalu membuat masalah kecil menjadi masalah yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar