Sabtu, 31 Januari 2009

Sabar

Sabar, sebuah kata yang sederhana, yang dapat dengan mudah diucapkan. Disaat seseorang menemui kita dan berkata " Aku punya masalah, tolong carikan solusinya. Kita akan mengatakan kepada mereka " sabar ". Tapi mereka malah berkata "Aku ingin solusi, bukan sekedar sabar"..
Alam semesta tegak berdiri diatas pondasi kesabaran, Matahari tidak muncul secara mendadak diatas langit, ia terbit dan meninggi secara perlahan. Benih tidak besar tiba-tiba butuh kesabaran dalam merawatnya. Allah bahkan menciptakan langit dan bumi selama enam hari.
Ada perkara luar biasa yang harus dicermati, yaitu segala sesuatu butuh kesabaran. Semua perbuatan yang melambangkan ketaatan pasti butuh kesabaran.
Kesabaran sendiri ada 3 macam yaitu sabar dalam menaati Allah,sabar tidak bermaksiat dan sabar menghadapi cobaan.Tingkat sabar paling tinggi yaitu sabar untuk tidak bermaksiat dan sabar dalam mentaati Allah.
Menurut para Ulama, sabar dalam menaati Allah lebih mulia daripada sabar untuk tidak bermaksiat. Alasannya,balasan satu kebaikan adalah sepuluh kebaikan yang serupa. sabar dalam menaati Allah bisa mengganti ketidaksabaran.
" Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas," (QS Az-Zumar [39] : 10 ).

Sekarang yang jadi pertanyaan...Benarkah sabar itu mudah ?, mampukah kita bersabar kalau diri kita disakiti, mampukah kita sabar kalo harga diri kita diinjak-injak atau dipermalukan? mungkin kita mampu bersikap sabar dan ikhlas, dengan lebih memilih diam.
Tapi mampukah kita menahan kesabaran kita saat orang yang kita sayang, keluarga kita dihina oleh oranglain, mampukah kita menahan kesabaran melihat seseorang yang teraniaya tetap ikhlas diam menerima cobaan. Apa kita gak akan beri komentar dalam hati " kok bisa ya dia tahan diperlakukan gitu, coba aku, bakal aku lawan ia, napa sih iya kok diem aja!! ( upssss..justru kita yang jadi gak sabar). Artinya kita bisa saja sabar kalo diri kita disakiti, tetapi justru tidak sabar melihat orang lain yang sabar, diam menerima cobaan...tanpa berbuat apa-apa (kesannya pasrah banget nie orang), tapi justru ada pepatah yang mengatakan, kesabaran itu berbuah manis dan ditambah lagi kalo kita mampu ikhlas dan memaklumi apapun. Ya, kalo memang orang tersebut diam, gak ada salahnya kita beri bantuan atau dukungan kita ke mereka, tentunya bukan hanya sekedar ucapan "sabar" ( hmm ).

1 komentar:

  1. yah, emang sabar tuh sulit kk ecy....

    hehehehehehehe........
    ngmong ja mah gampang
    prakteknya dunk
    gitu !!!!

    BalasHapus