Senin, 10 Januari 2011

12 Tips Kebahagiaan dari Sonja Lyubomirsky

berikut ini sari 12 tips kebahagiaan dari Profesor psikologi di University of California Riverside, yg beliau tulis dalam bukunya The How of happiness.

Yg menarik dari pendekatan bu Sonja ini adalah bahwa kita memiliki cara untuk berbahagia yg berbeda2. ada yg senang menyendiri, ada yg senang berkumpul sama teman. ada yg senang menenggelamkan diri dalam doa, ada yang senang menenggelamkan diri dalam pekerjaan, ada yang lebih bahagia kalau mempunyai sesuatu tujuan untuk diperjuangkan, ada yg lebih bahagia kalau cukup mensyukuri apa yg sudah ada saat ini. Jadi semua orang punya seleranya sendiri, caranya sendiri dan stylenya sendiri.

Prof. Sonja dkk. mengembangkan alat ukur kebahagiaan dan alat tes identifikasi jenis kebahagiaan mana yg cocok buat kita. kita tidak akan bahas itu disini, tapi kita akan ulas sedikit tentang 12 cara untuk bahagia yg telah terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan kebahagiaan kita.

12 Happiness Activities:

1. Expressing Gratitude. Bersyukurlah atas karunia yg telah kita terima. Hitunglah hal2 yg layak kita syukuri, buatlah "happines journal" untuk menuliskan hal2 apa yg patut kita syukuri hari ini, atau minggu ini. Berterimakasihlah pada orang2 yg berjasa dalam hidup kita, kirimkan surat cinta atau surat ucapan terimakasih pada orang tua, istri/suami, guru2 kita atau sahabat yg banyak membantu kita. Dengan bersyukur & berterimakasih, kita tidak hanya membuat diri kita lebih bahagia, tapi juga membuat orang lain berbahagia. dan terjadilah lingkaran malaikat (lawan dari lingkaran setan) kebahagiaan.

2. Cultivating Optimism. Bersikaplah optimis dalam melihat masa depan, buatlah perencanaan yg membangkitkan semangat dan optimisme dalam menatap masa depan. imajinasikan masa depan yg jauh lebih baik dari hari ini (minimal di surga kelak). Optimisme dalam menghadapi masa depan akan membangkitkan semangat untuk memberikan yg terbaik di hari ini (tapi ingat jangan sampai kebanyakan berkhayal atau merencanakan, kuncinya adalah memberikan yg terbaik dihari ini)

3. Avoiding Overthinking. Jangan terlalu banyak berpikir yg tidak2, atau berandai-andai, apalagi ngelonjor (ngelamun jorok). berpikirlah strategis, buat perencanaan yg matang, tapi jangan overdosis, pada akhirnya, tindakanlah yg menentukan keberhasilan dan kebahagiaan kita. Kalau sedang stress, STOP berpikir, do something, olahraga, nyuci baju, silaturahim, atau bantu2 orang lain sekecil apapun. dijamin stress-nya berkurang.

4. Practicing Acts of Kindness. Berbaik hatilah, dan berbuatlah kebaikan pada siapapun. bisa dengan menyumbangkan uang, tenaga, atau minimal doa. Resep sederhana tanpa biaya: doakan dalam hati setiap orang yg anda temui, tidak peduli dia orang baik atau orang jahat, do'akan, tidak peduli dia menyenangkan atau menyakiti anda, do'akan.. lakukan secara konsisten selama seminggu saja, let's see what happen to you.. hati anda akan lebih bahagia, orang2 akan menyayangi anda, keberuntungan akan menghampiri anda, Tuhan akan mencintai anda, insya Allah..

5. Nurturing Social Relationships. Membangun dan merawat hubungan sosial yang sehat. Ada yg bilang kebahagiaan kita terletak pada keseimbangan antara work + love + play. jadi, cinta berperan sangat penting untuk kebahagiaan kita, bahkan kata Stephen Covey, "our deepest pain and highest happiness always come from home". maka kita perlu menjaga agar hubungan sosial kita (terutama dlam keluarga) tetap harmonis dan penuh cinta

6. Developing Strategies for Coping. Mencari dan mengembangkan cara-cara mengatasi masalah. Saat anda menghadapi tekanan hidup, dalam kesulitan, atau stress apa yg bisa anda lakukan untuk membuat pikiran anda lebih jernih dan hati anda lebih lapang? sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. apa cara unik anda untuk menghibur dan menguatkan diri di saat hidup terasa sulit?. Sharing dengan mentor anda? beribadah lebih intensif, berdoa dan mengadukan semua masalah anda pada Tuhan? bermain2 dengan anak anda? baca buku inspiraif? datang ke seminar pengembangan diri? atau sharing dengan istri/suami? Kembangkan cara anda sendiri. Jangan berdoa agar masalah anda dikurangi sama Tuhan, berdoalah agar anda diberi punggung yg lebih kuat, hati yg lebih ikhlas, pikiran yg leih cergas untuk memikul masalah itu. Karena kalau mau naik kelas, harus siap dengan ujian yg lebih berat. Tidak mungkin kita ingin jadi mahasiswa, tapi minta soal ujian kelas SD.

7. Learning to Forgive. Belajar memaafkan. Seorang ibu mengadu, "tapi pak, kesalahannya terlalu berat untuk dimaafkan, keenakan dia nanti". Saya jawab, "lho saat memaafkan, sebenarnya siapa yg lega hatinya? siapa yg hidupnya jadi lebih tenang? ibu yg memaafkan, atau orang yg ibu anggap tidak layak dimaafkan itu? "Forgive for your own health, living well is the best revenge". Maafkan.. demi kesehatan dan kedamaian hati anda sendiri, kalau mau balas dendam, cara terbaiknya adalah tunjukkan bahwa anda baik-baik saja.

8. Increasing Flow Experiences. Perbanyak pengalaman2 "flow". Flow adalah saat2 dimana kita merasa waktu berjalan begitu cepat, kita begitu terserap oleh aktivitas itu sampai lupa waktu. Flow terjadi misalnya saat kita ngobrol sampai pagi dengan sahabat lama, saat membaca buku favorit (kalau saya dulu, baca Kho Ping Ho), melakukan permainan favorit (fenomena kecanduan game online), melakukan pekerjaan yg kita cintai, menggeluti hobi tertentu, dsb. Intinya lakukan aktivitas2 yg membuat anda jadi benar2 terserap oleh aktivitas tersebut, tentunya aktivitas yang positif. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang "flow", silahkan lihat langsung ceramahnya bapak pendiri teori "flow", Mihaly Csikszentmihalyi di TED.com atau wikipedia.

9. Savoring Life’s Joys. Menikmati dan mensyukuri kehidupan. Apa aktiviatas positif yg benar2 anda nikmati? apakah itu travelling? berkumpul, bercanda, bergembira dengan anak istri? menikmati dan menghargai hal2 sepele seperti membacakan cerita untuk anak, berjalan2 ditaman? mengingat saat2 bahagia dlam hidup anda? merayakan kabar gembira (kelahiran cucu, wisuda anak, ultah istri, promosi jabatan suami)? datang ke konser orchestra? nonton film yg inspiratif?. syukuri dan nikmati setiap momen dalam hidup anda, karena life is beautiful, but it's short and once.

Semoga anda berbahagia dengan cara anda masing2 dengan kebahagiaan yg dicintai-Nya dan memberi aura positif untuk sesama...

(to be continued)

Ahmad Faiz Zainuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar