Minggu, 09 Januari 2011

Jalur Kereta Api ( renungan )

Sekelompok anak kecil sedang bermain di dekat jalur kereta api ( KA ).

Jalur yang pertama adalah jalur aktif yang masing sering di lewati kereta api.

Sementara jalur ke dua sudah tidak aktif alias tidak pernah di lewati kereta api..

Hanya seorang anak yang bermain di jalur yang sudah tidak aktif sementara anak-anak lainnya bermain di jalur kereta yang masih aktif.

Tiba-tiba terlihat ada kereta api yang mendekat dengan kecepatan tinggi dan kebetulan anda berada di depan persimpangan yang mengatur arah kereta ( KA ) tersebut.

" Apakah anda akan memindahkan arah KA tersebut kejalur yang tidak aktif dan menyelamatkan sebagian besar anak kecil yang bermain? " Hal ini berati anda mengorbankan seorang anak yang sedang bermain di jalur KA yang tidak aktif ATAU anda akan membiarkan kereta tersebut berada di jalur yang seharusnya.

Mari berhenti sejenak untuk memimikirkan keputusan apa yang sebainya kita ambil? pikirkan baik - baik jawaban anda.

Sebagian besar orang akan memilih untuk memindahkan arah kereta dan hanya mengorbankan jiwa seoarang anak.

Anda mungkin memiliki pilihan yang sama karena menyelamatkan sebagian besar anak dan hanya kehilangan seorang anak, anda anggap adalah sebuah keputusan yang rasional dan dapat disahkan baik secara moral maupun emosinal.

Namun sadarkah Anda bahwa anak yang memilih untuk bermain di jalur kereta yang sudah tidak aktif berada di pihak yang benar karena telah memilih untuk bermain di tempat yang aman?

Disamping itu, dia harus di korbankan justru karena kecerobohan teman-temannya yang bermain di tempat berbahaya.

Nyawa seorang anak yang memilih untuk tidak bermain bersama teman - temannya di jalur kereta yang berbahaya telah dikesampingkan. Dan bahkan kita tidak akan menyesalkan kejadian tersebut.

Seorang teman yang telah mendengar cerita ini berpendapat bahwa dia tidak akan mengubah arah laju kereta karena dia percaya anak-anak yang bermain di jalur kereta api ( KA ) yang masih aktif sangat sadar bahwa jalur tersebut masih aktif. Maka mereka akan segera lari ketika mendengar suara kereta mendekat.

Jika arah laju kereta di ubah kejalur yang tidak aktif...maka seorang anak yang sedang bermain dijalur tersebut pasti akan tewas karena dia tidak akan pernah berpikir bahwa kereta akan menuju kejalur tersebut.

Disamping itu, alasan sebuah jalur KA di nonaktifkan kemungkinan karena jalur tersebut sudah tidak aman.

Bila arah laju kereta di ubah kejalur yang tidak aktif, maka kita juga telah membahayakan nyawa seluruh penumpang didalam kereta.

dan mungkin langkah yang telah di tempuh untuk menyelamatkan sekumpulan anak bisa mengorbankan lagi ratusan nyawa penumpang KA.

" Kita harus sadar bahwa hidup ini penuh dengan keputusan sulit yang harus dibuat. dan mungkin kita tidak akan menyadari bahwa sebuah keputusan yang cepat tidak selalu menjadi keputusan yang benar."

satu lagi yang perlu diingat dalam masyarakat sekarang ini

" Sesuatu yang benar tidak selalu di sukai dan sesuatu yang disukai tidak selalu benar "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar